Klarifikasi Lapangan Lomba Kampung Berprestasi Tingkat Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2023




Gunung Sugih - Dinas PMK

Menindaklanjuti amanat Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, saat ini Pemkab Lampung Tengah sedang melaksanakan Lomba Kampung Berprestasi Tingkat Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2023. 

Berdasarkan tahapan lomba yang mengambil tema Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa, pada Tahun 2023 melalui beberapa tahapan yaitu penilaian administrasi yang berhasil meloloskan 10 Kampung terbaik yang harus melakukan pemaparan oleh Kepala Kampung dihadapan Tim Penilai Kabupaten. 

Setelah dilakukan pemaparan, maka ditetapkan 5 Kampung terbaik yang dilakukan Klarifikasi Lapangan untuk menentukan juara Lomba Kampung Tingkat Kabupaten Lampung Tengah yang akan mewakili Lampung Tengah dalam Lomba Kampung Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Saat ini kelima Kampung teebaik tersebut telah dilakukan klarifikasi lapangan yang dilakukan sejak Hari Senin, 22 Mei sampai dengan Hari Jum'at 26 Mei 2023. Adapun kelima Kampung tersebut adalah Sangga Buana Kecamatan Way Seputih, Sidodadi Kecamatan Bangun Rejo, Nambah Rejo Kecamatan Kota Gajah, Pujo Kerto Kecamatan Trimurjo dan Kampung Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar.

Menurut Kepala Dinas PMK Kabupaten Lampung Tengah Fathol Arifin,S.IP.,MM bahwa tahapan klarifikasi lapangan ini untuk membuktikan secara administrasi dan hasil pemaparan Kepala Kampung dengan kondisi yang riil di lapangan apakah sesuai. Selain itu juga untuk menambah bukti-bukti pendukung yang menjadi persyaratan utama kesiapan Kampung tersebut dalam hal pelayanan administrasi, pemberdayaan masyarakat maupun tumbuh kembangnya ekonomi di masyarakat Kampung melalui BUMK. Saat diwawancara di sela-sela kegiatan Klarifikasi Lapangan di Kampung Pujo Kerto, Kadis PMK sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh Kampung, partisipasi masyarakat yang tinggi serta peran serta seluruh elemen masyarakat, kelembagaan kampung dalam pemberdayaan masyarakat maupun perekonomian kampung. Mudah-mudahan ini menjadi bekal untuk mewakili Lampung Tengah dalam lomba tingkat selanjutnya untuk menghasilkan yang terbaik, mengingat pada tahun lalu salah satu Kampung terbaik di Lampung Tengah berhasil menjadi Juara 2 Regional Sumatera dalam Lomba Kampung Tahun 2022. 

Tim Penilai Lomba Kampung terdiri dari beberapa Perangkat Daerah yang memiliki peran serta dan keterlibatan dalam penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Kampung seperti Dinas PMK, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas PP & KB, Dinas Perindustrian, Dinas Peternakan, Dinas Kominfotik, BPBD, Sat Pol PP, Bagian Hukum serta TP PKK. 

Klarifikasi Lapangan ini juga langsung dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Tengah, Ny. Mardiana Musa Ahmad yang turut hadir melihat bagaimana peran serta PKK, KWT, Kader Posyandu dan kelompok-kelompok perempuan lainnya turut berperan aktif dalam pemerintahan, pemberdayaan dan pembangunan di Kampung. Melalui Lomba ini Ny. Mardiana Musa Ahmad berharap bahwa Kampung-kampung di Kabupaten Lampung Tengah dapat menjadi kampung yang benar-benar mandiri, maju dan berjaya. Ketua TP PKK Kab. Lampung Tengah optimis bahwa kampung di Kabupaten Lampung Tengah dapat menjadi Kampung terbaik dalam Lomba Kampung Tahun 2023 ditingkat selanjutnya. admin

foto kegiatan KLIK DISINI

 


Share :