Peringatan BBGRM Ke-XVI dan HKG Ke-47




Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) Ke-XVI dan HKG ke- 47 tahun ini digelar pada hari Kamis, 18/07/2019 di Kampung Ratna Chaton, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. Rangkaian kegiatan dalam acara BBGRM dan HKG diantaranya yaitu : Peresmian nama jalan , sebar benih ikan patin dan ikan lele sebanyak 6000 ekor, dan acara ceremonial di lapangan Kampung Ratna Chaton. Adapun maksud  dilaksanakan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang perlu dipupuk di bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

 Mengusung tema "DENGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT KE- XVI DAN HARI KESATUAN GERAK PKK KE-47 , KITA TINGKATKAN SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATUAN SERTA PARTISIPASI LEMBAGA KEMASYARAKATAN KAMPUNG MENUJU LAMPUNG TENGAH MAJU DAN SEJAHTERA". Dengan diperingatinya BBGRM yang memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kepedulian,kesadaran, peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan Gotong Royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.
  2. Menggerakan dan memberdayakan seluruh masyarakat dalam program Keluarga Berencana.

Turut hadir sebagai peserta dalam acara ini yaitu dari unsur Legislatif, Forkopimda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, OPD, TP-PKK Kabupaten, Camat se-Kabupaten Lampung Tengah. Sasaran dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan dan meningkatnya kemitraan antara Lembaga-Lembaga kemasyarakatan dan pemerintah Kampung dalam mewujudkan aspirasi dan kebutuhan dibidang pembangunan kampung dan kelurahan.

Adapun partisipasi dari Organisasi Perangkat Daerah dalam Kegiatan BBGRM ini yaitu dengan memberikan bantuan baik dalam bentuk barang maupun pelayanan adalah sbb:

  1. Dinas Kesehatan dan RSUD Demang Sepulau Raya
  2. Dinas Peternakan dan Perkebunan
  3. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  4. Dinas Pengendalian Penduduk dan KB
  5. Dinas Perikanan
  6. Dinas Koperasi
  7. Dinas Pertanian TPH
  8. Dinas Sosial
  9. Dinas Perdagangan
  10. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  11. Dinas Perindustrian
  12. Dinas Perpustakaan dan Kerasipan
  13. BPR Syariah Rajasa
  14. TP PKK kabupaten
  15. Kelompok Pengrajin se- Kecamatan Seputih Raman.

Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto dalam sambutanya mengajak kepada seluruh stakeholder pembangunan dan seluruh masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah, untuk meningkatkan kembali sinergitas dan komitmen untuk bersama-sama bekerja cepat dalam program pembangunan kampung, bersama-sama menjaga keamanan kampung sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam bergotong royong, meningkatkan berbagai kemajuan pada berbagai bidang khususnya bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan serta pengangguran. Dan adapun harapannya adalah semoga momentum peringatan  Bulan Bhakti  Gotong Royong  Masyarakat  (BBGRM) ke-XVI Tingkat Kabupaten Lampung Tengah ini, dapat semakin memberikan semangat dan motivasi baru kepada segenap masyarakat, sekaligus menghadirkan sinergitas yang semakin mantap diantara berbagai pemangku kepentingan pembangunan, untuk bersama-sama mengakselerasi pemberdayaan dan pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah, pungkas Bupati.

(Kamis, 19/07/2019)


Share :